Senin, 18 Maret 2013

Refleksi Minggu-2 Alpro

Pada minggu-2, Mata kuliah Alpro telah memasuki proses belajar-mengajar. Materi yang kami pelajari pada minggu-2 adalah tentang Sekuen.

Sekuen adalah sederetan pernyataan-pernyataan yang urutan pelaksanaan eksekusinya runtut, yang lebih dahulu ditemukan/dibaca akan dikerjakan/dieksekusi/diproses terlebih dahulu. Bila urutan pernyataan terbalik, maka akan menimbulkan makna yang berbeda.

3 Hal penting dalam sebuah Algoritma:
  • Langkah-langkahnya pasti berhingga. Dengan kata lain tidak ada Algoritma yang tidak memiliki akhir.
  • Langkah-langkah yang ada dapat terjadi berulang-ulang dalam suatu Algoritma.
  • Langkah-langkah yang ada dapat tercipta akibat pengambilan/pemilihan suatu keputusan.
Dalam membuat suatu algoritma, terdapat analisis masalah, deklarasi, deskripsi, dan implementasi dari algoritma dalam flowchart. Contohnya dapat dilihat pada latihan yang telah saya buat. Bisa dilihat disini, atau disini.

Sejujurnya saya mulai menyukai mata kuliah ini. Namun tugas meringkas beberapa chapter pada buku rujukan yang ada sungguh melelahkan. Tapi tetap harus dijalani. Inilah proses. Menghadapi semua hanya dengan modal semangat dan keinginan untuk terus belajar. Sedikit kesulitan yang saya alami yaitu pada translasi algoritma ke bahasa C++. Ada beberapa kata yang tidak saya mengerti, yaitu friend ostream& operator dan friend istream& operator, setelah mencari tau di google, dan sedikit bertanya pada mentor, diketahui bahwa yang disebutkan tadi adalah sebuah operator overloading. Kata mentor kami akan bertemu dengan operator overloading pada praktikum pertama nanti. Karena sejujurnya saya belum mengerti tentang overloading ini. Semoga praktikum hari rabu nanti bertemu dengan mentor yang menyenangkan, dan semoga minggu ke-3 Mata kuliah Apro nanti bisa berjalan lebih dan lebih lancar lagi.. Amiiinn....

Tidak ada komentar: