Rabu, 27 Maret 2013

Refleksi Minggu-3 Alpro

Pada minggu-3, Mata kuliah Algoritma Pemrograman memasuki materi PEMILIHAN, atau control program.

Komputer memiliki kemampuan untuk melakukan pemilihan/pengambilan keputusan berdasarkan kondisi/syarat yang dimiliki.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita melalui berbagai proses yang melibatkan tentang pengambilan keputusan. Saat membeli sepatu misalnya, kita dihadapkan pada berbagai pilihan sepatu dengan berbagai merek dan berbagai model. Pada saat memilih, setiap orang memiliki "syarat" tertentu yang dipenuhi oleh sepatu untuk dibeli oleh kita. Misalnya saya memiliki "syarat" bahwa sepatu itu harus  tahan lama, dan memiliki harga dibawah 100.000. Sepatu yang memenuhi syarat diatas maka akan dibeli. Jika tidak memenuhi maka sepatu itu tidak akan dibeli.

Berikut adalah operator yang digunakan dalam proses pemilihan/control program. yaitu OPERATOR RELASIONAL.
Operator Relasional
Contoh-contoh kasus menggunakan pemilihan dapat dilihat di Kasus 3.1 , Kasus 3.2 , Kasus 3.3 , Kasus 3.4 , Kasus 3.5

Kesulitan yang dirasakan hanya pada kurang pahamnya saya dalam membaca soal latihan. Saya merasa kurang bisa untuk menemukan "Target" dari soal. Untuk itu saya merasa perlu untuk terus berlatih.
Selain itu minggu ini adalah minggu pertama mentoring kami. Mungkin karena baru pertama mentoring, sehingga saya dan teman-teman merasa agak canggung saat bertanya, dan kurang bisa mengerti penjelasan dari mentor. Selain itu minggu ini juga awal praktikum alpro kami. Pretest berupa pengetikan 10 jari tanpa melihat keyboard cukup menyulitkan. Namun Alhamdulillah saya berhasil mencapai target pretest. Dengan asisten praktikum yang begitu baik dan mengerti keadaan kami. yaitu mas Arif Budiarti dan mas Iman Fadlian. Juga dosen kami, bapak wahyu memberikan bonus lain untuk kecepatan dalam mengerjakan post test kurang dari 30 menit.  Alhamdulillah.. semoga kedepannya bisa jauh dan jauh lebih baik lagi. Saya merasa seperti sedang berkompetisi dengan teman-teman lainnya dalam merebut bonus. dan dengan berkompetisi, hidup menjadi lebih bersemangat!

Tidak ada komentar: