Jumat, 22 Februari 2013

Blackberry 10 : Bisakah upgrade OS7 ke OS10?


Peluncurannya oleh pihak BlackBerry telah dilaksanakan pada tanggal 30 januari 2013 yang lalu. Telah banyak artikel yang membahas mengenai betapa mumpuninya OS terbaru dari BlackBerry ini. Seperti yang kita ketahui, peluncuran OS sebelumnya, yaitu OS7. Pengguna OS sebelumnya, yaitu OS6 bahkan OS5 dapat melakukan upgrade ke OS7. Namun OS7 tidak dapat diupgrade ke OS10. MENGAPA?
Ini menjadi pertanyaan penting bagi para pengguna BlackBerry yang sudah menggunakan OS7 dan ingin "mencicipi" OS10. Ini dikarenakan processor yang dibutuhkan untuk OS10 minimal adalah processor dual core menurut pernyataan langsung dari pihak RIM BlackBerry saat DevCon Asia tahun 2011. Sementara kebanyakan BlackBerry baru yang sudah menggunakan OS7 seperti BlackBerry Bold 9900 (Dakota), Bold 9790(Belagio), dan beberapa Smartphone BlackBerry dengan OS7 lainnya, kebanyakan meluncur ke pasaran dengan processor single core berkecepatan 1 GHz, walaupun dengan GPU yang sebenarnya lumayan untuk dapat upgrade ke OS10.

BlackBerry Bold 9900
Jadi berdasarkan pernyataan pihak RIM BlackBerry, hampir semua produk BlackBerry Smartphone yang ada di pasaran saat ini tidak dapat melakukan upgrade ke OS10, dan artinya tidak dapat mencicipi kecanggihan dari OS teranyar BlackBerry saat ini. Begitupula saya. (hiks).
BlackBerry PlayBook adalah satu-satunya perangkat Blackberry yang saat ini dapat melakukan Upgrade ke OS10. Karena dasar pengembangan OS10 sendiri adalah dari BlackBerry PlayBook.

BlackBerry PlayBook

Kelebihan BlackBerry 10

Basis terbaru

Setelah terus bertahan dengan OS yang itu-itu saja, (Bahkan OS7) . RIM akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah Basis baru. Benar, OS QNX, yang merupakan OS dari perangkat BlackBerry PlayBook. Namun OS10 ini memiliki pengembangan yang lebih dari OS QNX yang terdapat pada BlackBerry PlayBook.

Performa mantap

Performa yang dihasilkan suatu perangkat menjadi salah satu pertimbangan terbesar dari konsumen.
OS yang mempermudah aplikasi untuk mengakses kemampuan hardware secara penuh apalagi kombinasinya dengan hardware yang mumpuni. OS10 yang telah dikembangkan dapat mewujudkannya, melihat bahwa basis yang digunakan adalah OS QNX.
Demo kemampuan BB10 dilakukan dengan BlackBerry PlayBook yang menggunakan prosesor dual core dengan GPU PowerVR begitu meyakinkan. Dari demo yang dilihat selama BlackBerry DevCon Asia di Singapura, performa kombinasi hardware dan OS tersebut memang tidak perlu diragukan.

Fleksibel

RIM berupaya sebaik mungkin agar fleksibilitas BlakBerry 10 menjadi yang terbaik. Karena itu RIM menyiapkan berbagai cara untuk para pengembang aplikasi agar dapat membuat aplikasi yang bisa dipasangkan pada BlackBerry 10. Mulai dari dukungan C, C++, Adobe AIR, hingga pada aplikasi berbasis web dan HTML 5 pada produk terbarunya. Para pengembang aplikasi pun kin lebih mudah dan bebas lagi untuk memilih basis aplikasinya. Asiknya lagi, RIM menjanjikan bahwa bahkan pengembang aplikasi yang menggunakan basis web bisa membuat aplikasi yang cantik dan diakselerasi selayaknya sebuah aplikasi native.
BlackBerry 10 juga menyediakan cascade. Cascade menyediakan beragam paket efek yang bisa langsung digunakan pengembang aplikasi saat merancang aplikasinya. Ini semua dilakukan agar mempermudah programmer agar tidak perlu memrogram lagi untuk mempercantik aplikasinya.
Cukup membantu para pengembang aplikasi.








Android Runtime Environment

Pengguna PlayBook pasti sudah tahu bahwa ada aplikasi Android yang bisa dijalankan pada PlayBook. Keuntungan ekstra ini akan diteruskan pada BB10. Jadi, BB10 akan memiliki Android runtime environment yang bisa menjalankan aplikasi Android!

Penggunaan beberapa Aplikasi Android pada PlayBook
Para pengembang yang ingin agar aplikasi android dapat berjalan pada BB10 hanya perlu melakukan Repackaging  pada APK mereka. Bagi yang tidak tahu APK, APK adalah paket aplikasi Android (Android PacKage) digunakan untuk menyimpan aplikasi atau program yang akan dijalankan pada perangkat androd.
Meski bekerja dalam sebuah runtime environment, aplikasi Android tersebut tetap dapat mengakses hardware secara penuh. Akselerasi hardware seperti GL bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini ditampilkan oleh GameLoft dalam presentasinya ke peserta BlackBerry DevCon Asia 2011.

Itulah beberapa kelebihan dari OS10, yang merupakan OS teranyar BlackBerry saat ini. Dan bagi para pengguna smartphone BlackBerry OS7 harus menahan keinginan mereka mencicipi OS10 dengan menabung dan membeli Produk tersebut secara langsung. Tanpa Upgrade. (Hiks~)
Informasi diatas berdasarkan berbagai sumber bacaaan yang saya temui. Semoga informasinya membantu!
Wassalam!
Just keep your eyes on this blog! (^o^)/

2 komentar: