Rabu, 20 Februari 2013

TIPS AGAR KEPALA TIDAK CEPAT PUSING SAAT LAMA DIDEPAN KOMPUTER


Saya memiliki kebiasaan berlama-lama di depan monitor PC atau notebook, baik itu saat belajar ataupun melakukan hal lain seperti bermain game, browsing maupun menonton film. Biasalah, kerjaan anak muda(haha).
Akibat dari terlalu lama didepan layar, maka mata dapat menjadi cepat lelah, badan pegal dan sakit kepala pun tidak dapat dihindari.

Ini semua disebabkan oleh pancaran radiasi dari layar yang terlalu lama diterima oleh mata, dan faktanya pasti mengganggu kesehatan mata anda. Sementara mata harus terus digunakan dalam kegiatan anda sehari-hari. Sayangilah mata anda. .


Karena itu, berikut ini adalah beberapa tips mengatasi mata lelah, saat terlalu lama berada di depan monitor:

1. Menjaga jarak pandang dari monitor.
Terlalu dekat dengan monitor sedikit membahayakan bagi mata kita. Seharusnya kita menjaga jarak pandang ke monitor kita dengan baik. Jarak yang disarankan untuk pemakai komputer adalah sekitar 50cm.
Jika masih kesulitan membaca di monitor dengan jarak pandang yang disarankan, perbesarlah ukuran font agar bekerja masih tetap nyaman.


2. Gunakan filter anti-radiasi
Monitor tabung (CRT) memang memberi efek yang buruk pada mata anda karena radiasinya yang cukup tinggi.
Cara terbaik adalah dengan membeli filter anti-radiasi yang dapat menangkal sedikit-banyak radiasi dari layar monitor ke mata anda.

3. Gunakan kacamata anti radiasi
Hal ini membutuhkan biaya yang relatif lebih mahal, ada baiknya saat memiliki cukup uang kita membeli kacamata anti-radiasi. Selain bisa dibawa kemanapun kita bekerja, kacamata ini tak hanya berguna saat kita bekerja di depan monitor, namuna juga melindungi mata dari cahaya lampu mobil, radiasi TV, dan sebagainya.

Faktanya lapisan anti-radiasi pada kacamata tersebut, sangat berguna bagi mata kita. Karena lapisan tersebut secara otomatis mengurangi efek nyeri di mata akibat radiasi cahaya berlebih.

4. Mengistirahatkan mata sejenak, secara berkala
Cara termudah menghindari mata lelah akibat radiasi monitor adalah mengistirahatkannya secara berkala. Cobalah untuk mengistirahatkan mata sekitar 5 menit tiap jam. Kita dapat menggunakan waktu 5 menit tersebut untuk berjalan-jalan, melihat pemandangan, mencuci muka dan sebagainya. Yang penting tidak melihat monitor.

 

5. Sedikit pemijatan di seputar area mata
Hal ini sering saya lakukan. Caranya dengan melakukan pemijatan halus di seputar alis dan dahi dengan gerakan memutar. Lakukan dengan sentuhan jari-jari secara perlahan. Dengan melakukan pemijatan, maka mata lelah akan dapat kembali segar.


6. Penerangan yang cukup
Hal ini adalah hal mutlak yang harus anda lakukan. Menggunakan komputer dengan cahaya lebih besar berasal dari layar komputer daripada cahaya ruang tempat anda berada akan sangat berbahaya bagi mata apalagi dalam keadaan gelap. Berikan penerangan yang cukup dalam ruangan anda saat berhadapan dengan layar komputer. 


Nah, tadi itu sedikit tips dari saya. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar: